Tanggal 27 April lalu menjadi hari yang bersejarah bagi salah satu perusahaan ponsel terbesar di dunia, Nokia. Mereka merilis ponsel terbaru bernama Nokia N8 dengan sistem operasi yang mutakhir yaitu Symbian^3. Dan ponsel ini merupakan ponsel pertama yang berbasis OS Symbian^3. Walaupun sempat dikabarkan bernasib sama seperti iPhone 4G yang prototype-nya bocor, namun pada akhirnya ponsel ini rilis dengan sambutan baik, dan tentunya pengembangan yang lebih baik dari prototype-nya.

 

Symbian^3 merupakan OS terbaru buatan Nokia yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar setia Symbian. Sejak Nokia N8 diisukan sebagai pesaing iPhone, nampaknya ponsel ini memang layak untuk dipertimbangkan. OS Symbian^3 memiliki beberapa perubahan yang signifkan. Antara lain adalah fitur multitouch, flick scrolling, dan pinch to zoom yang mengandalkan sensitifitas sensor. Dengan arsitektur grafis 2D dan 3D, Nokia N8 mampu menghasilkan user interface  yang lebih responsif.

 

Didukung dengan prosesor ARM 11 berkecepatan 680 MHz dengan OpenGL 2.0 serta layar sentuh OLED 3,5 inci yang tentu saja dilengkapi dengan fitur multitasking untuk memanjakan para "gadget freaks" yang suka berganti-ganti penggunaan aplikasi pada satu waktu. Juga tak ketinggalan kamera 12 megapixel dengan lensa Carl Zeiss dan Xenon flash dengan gambar berkualitas prima. Kameranya yang dapat digunakan untuk merekam video dan mampu menghasilkan hasil gambar dengan kualitas High Density (HD) 720p. Hasilnya pun dapat diolah langsung dari ponsel melalui software bawaan. Kualitas audio dengan standar Dolby Digital Plus ikut melengkapi kecanggihan ponsel Nokia ini.

 

Keunggulan N8 dalam hal multimedia tidak berhenti sampai disitu. Nokia N8 juga menyediakan port High Definition Multimedia Interface (HDMI). Selain itu juga memiliki akses langsung ke web televisi yang kontennya dapat diperoleh dari OVI Store, terutama untuk web televisi lokal. Juga ada aplikasi untuk menyaksikan siaran web televisi seperti Paramount, National Geographic, CNN dan E!Entertainment.

 

Tak ketinggalan, aspek layanan jejaring sosial. Lewat Nokia N8 Facebook maupun Twitter dapat diakses mulai dari meng-update status, mengunggah foto, serta berkirim pesan dan memantaunya secara live. Nokia N8 juga dilengkapi OVI Maps dengan navigasi untuk kendaraan dan pejalan kaki.

 

Sejauh ini bila dilihat dari beberapa spesifikasi, Nokia N8 memang lebih unggul dari pesaingnya (iPhone) dalam beberapa hal, seperti space penyimpanan yang besar, kecepatan prosesor, serta resolusi kamera yang lebih besar dan lebih jernih. Namun belum dapat dibuktikan bahwa ponsel Nokia ini mampu menggeser pasar iPhone yang kini sedang menjadi raja.

 

Namun nampaknya para pecinta gadget harus bersabar menunggu untuk dapat menikmati ponsel canggih ini. Walaupun rilis telah dilakukan pada minggu lalu, namun N8 baru akan dipasarkan pada bulan Juli. Menurut Regina Hutama Poli selaku Corporate Communication Manager Nokia Indonesia, Nokia N8 direncanakan dirilis untuk pasar Indonesia pada kuartal ketiga, dengan banderol harga sekitar Rp 4,5 juta. Nampaknya, masih ada waktu untuk kita yang di Indonesia untuk menabung. [Sahnath Assiry]