Ini bukan kisah hantu. Istilah ‘The Ghost Writer’ biasanya digunakan bagi penulis yang ‘membantu’ para tokoh (baik politikus, musisi, olahragawan, selebriti dan sebagainya) saat sedang membuat autobiografi mereka. Jadi seakan-akan tokoh tersebutlah yang menceritakan kisah hidupnya dalam buku tersebut, padahal tentu saja ada pihak luar menuliskan kisah mereka. Tidak hanya untuk autobiografi, ‘Penulis Bayangan’ ini biasanya diminta menulis sebuah cerita atau laporan dengan mengatasnamakan orang lain.

 

Tema inilah yang ingin diangkat oleh sutradara Roman Polanski dalam film terbarunya. Berbekal novel karangan Robert Harris yang berjudul The Ghost, Polanski juga mengajak sang novelis untuk membuat skenarionya serta mengambil latar negara Jerman sebagai lokasi syuting.

 

Film berdurasi 128 menit ini awalnya menceritakan tentang Mantan Perdana Menteri Inggris Adam Lang (Pierce Brosnan), yang meminta ghost writer McNamara untuk menuliskan kisah hidup atau biografinya. Namun penulisan sedikit tertunda karena McNamara meninggal secara misterius di pinggiran pantai yang letaknya berdekatan dengan tempat tinggal Lang di sebuah pulau terpencil.

 

Maka Lang merekrut ghost writer yang lain (diperankan oleh Ewan McGregor) lewat sebuah agen. Sang ghost diyakinkan oleh agennya bahwa penawaran ini tidak akan datang untuk kadua kalinya. Apalagi ia hanya tinggal melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya telah dilakukan McNamara.

 

Namun kenyataannya sungguh mengagetkan The Ghost, karena tiba-tiba Lang dituduh oleh Menteri Luar Negeri Inggris Richard Rycart (Robert Pugh) karena telah terlibat dalam operasi ilegal sehubungan dengan teroris, lalu menyerahkannya kepada CIA Amerika Serikat untuk disiksa, tapi tidak melalui proses pengadilan. Masalah ini segera tercium wartawan dan warga lainnya menyerbu ke kediaman Lang yang juga ditinggali oleh isterinya, Ruth (Olivia Williams) serta asisten pribadinya, Amelia (Kim Cattrall).

 

The Ghost pun ikut terusik dengan skandal ini, naskah yang ditulis oleh McNamara sempat dicuri di tengah jalan, pada saat ia membawa pulang tulisan tersebut. Apalagi untuk mewawancarai Lang sebagai bahan tulisannya, The Ghost harus datang sendiri ke kediaman sang tokoh. Berbagai petunjuk pun ditemukan, yang akhirnya membawa penulis lepas ini pada sebuah rahasia yang sebenarnya.

 

Film ini memang sempat tertunda penayangannya, sebab Polanski sempat dipenjara karena dituduh bertindak cabul pada gadis remaja berumur 13 tahun, Samantha Geimer. Padahal kejadian tersebut berlangsung pada 1977. Ironisnya, sutradara The Pianist dan China Town ini ditangkap pada saat menghadiri Zurich Film Festival 2009 dan mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award.

 

[Feby]