Setelah hadirnya aplikasi browser mobile Opera Mini yang kini mungkin menjadi salah satu dari jajaran aplikasi di ponsel Anda, kini Opera Software meluncurkan Opera Mini 5 versi beta pada platform Android. Browser ini dinilai mampu memberikan kecepatan dalam membuka website pada ponsel Android, serta dengan biaya yang lebih murah dibanding platform lainnya.

 

Opera Mini 5 Beta memberikan kepada pengguna keunggulan fitur dan kenyamanan browsing layaknya berhadapan dengan sebuah PC yang dikemas dalam sebuah ponsel berbasis Android. Dalam konferensi persnya, Vice President of Products Opera Software Dag Olav Norem mengatakan bahwa pengguna Android akan mendapatkan akses yang cepat dan dengan biaya efisien ke situs dan layanan web favorit mereka.

 

Web browsing yang telah memiliki 50 juta pengguna di seluruh dunia ini menjanjikan efisiensi dengan alasan bahwa sebelum konten yang dicari dikirim ke ponsel, data tersebut dikompres hingga 90 persen dari data aslinya. Hal ini jelas akan mempersingkat proses loading dan pemuatan halaman yang lebih maksimal dan signifikan. "Opera Mini 5 Beta ini merupakan interface yang didesain sederhana dan aplikasi yang mudah digunakan," ujar Dag Olev Norem.

 

Meskipun sederhana, Opera Mini 5 Beta ini mampu menghadirkan kesan desktop pada layar ponsel saat melakukan browsing. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur-fitur favorit baru, seperti Speed Dial yang mirip dengan versi dekstop-nya yaitu pada Opera 10, tabbed browsing yang memungkinkan pengguna membuka website lain secara bersamaan pada saat browsing, juga password manager yang dapat mengingat password pengguna dan hal ini biasanya sangat disenangi oleh penggila jejaring sosial atau email yang tak perlu susah-susah lagi memasukan password. Selain itu ada juga bookmark yang mampu menyimpan halaman web tanpa harus mencari lagi setelah pengguna menutup browser. 

 

Pada versi terbaru ini, pengguna juga dapat melakukan copy-paste teks di halaman web layaknya menggunakan desktop. Fitur ini sangat cocok untuk mereka yang suka menulis weblog atau sejenisnya, yang biasanya mengutip dari website lain. Namun kekurangannya, copy-paste ini hanya bisa dilakukan dalam aplikasi Opera Mini saja, yaitu mengkopi teks pada halaman website lainnya, dan tidak bisa dicopy pada notepad atau mini office dan sejenisnya pada ponsel.

 

Sejauh ini perkembangan mobile browser ternama ini sangat baik, dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Namun yang namanya teknologi pasti tak luput dari adanya kekurangan pada segi sistemnya. Semoga Opera mampu memperbaiki kekurangan tersebut sebelum pengguna ponsel Android semakin merebak. [Shahnath Assiry]