Apple telah meraih banyak kemajuan dengan OS iPhone hanya dalam waktu yang singkat. Namun tanpa disadari, ternyata teknologi canggih itu memiliki kekurangan yang sepele namun fatal, yaitu dalam hal multitasking.

 

Apple sebelumnya mengklaim bahwa multitasking adalah salah satu cara untuk “membunuh” baterai lebih cepat, dan itu sebabnya mereka lebih memilih untuk menghindarinya. Selain itu, adanya alasan keamanan juga menjadi tameng Apple untuk tidak membuat OS-nya multitasking. Tapi pada kenyataannya, multitasking bekerja dengan sangat baik pada sistem operasi mobile yang menjadi pesaingnya seperti Google Android dan Palm WebOS. Apple sendiri menggunakan cara dimana saat pengguna membuka aplikasi lain, aplikasi sebelumnya akan tertutup.

 

Namun kini tampaknya Apple harus berubah pikiran. AppleInsider memiliki rencana untuk membuat Apple iPhone OS 4.0 yang akan diluncurkan nantinya dengan menambahkan fitur multitasking. Meskipun ini masih berupa rumor. Mengingat komputer tablet pertamanya iPad dengan OS 3.2 hasilnya agak mengecewakan dibalik keunggulan-keunggulan yang ditawarkan. Versi ini tidak punya kemampuan multitasking, tidak mendukung file flash pada browser Safari-nya, tidak bisa mendukung  game berbasis flash, tidak bisa membuka video streaming, serta letak kamera yang dinilai aneh karena hanya ada pada sisi belakang sementara di sisi depannya tidak ada padahal sangat penting untuk kegiatan video chatting. Namun nampaknya Apple justru ingin meningkatkan dan menyempurnakan produknya yang “cacat” ini sebelum peluncurannya nanti. Kita hanya bisa berharap bahwa Apple akan membawa sesuatuyang baru di bulan Maret ini. [Shahnath Assiry]