Dunia detektif memang tak ada habisnya dijadikan tema dalam sebuah film. Kali ini, giliran sebuah mini seri yang pernah ditayangkan di BBC pada 1985, Edge of Darkness. Film ini dimainkan dengan apik oleh Mel Gibson yang berperan sebagai seorang detektif di kepolisian dan aktris Bojana Novakovic sebagai putrinya.

 

Mel yang melakoni tokoh Thomas Craven awalnya merasa bahwa dirinyalah yang menjadi sasaran pada peristiwa pembunuhan putrinya, Emma. Hal ini terkait dengan jabatannya sebagai detektif bagian pembunuhan di kepolisian daerah Boston. Namun ternyata ia salah, karena Emma ternyata memiliki sisi kehidupan sendiri yang selama ini tidak diketahui ayahnya.

 

Keterlibatan Emma yang masih berumur 24 tahun sebagai aktivis inilah yang menjadi latar belakang ia dibunuh. Ada beberapa pihak yang tidak ingin rahasia mereka terungkap dan satu-satunya cara membungkam Emma adalah dengan menghabisi nyawanya.

 

Dengan perasaan sedih, marah dan berduka atas kematian Emma, ditambah dengan keahliannya sebagai sebuah detektif, maka Thomas memutuskan untuk melakukan investigasi terhadap kemaian anak semata wayangnya. Pada penyelidikannya, ia menemukan adanya sebuah persekongkolan masalah hukum terselubung dan melibatkan pemerintah yang menyeret agen rahasia. Agen ini  bertugas untuk membersihkan bukti kebobrokan-kebobrokan.

 

Baik mini seri maupun film Edge on Darkness, disutradarai oleh Martin Campbell. Anda yang merasa sebagai penggemar film-film bernuansa detektif, saat sudah bisa menyaksikan akting Mel Gibson yang sudah tujuh tahun absen sebagai aktor dan beralih sebagai sutradara. 

 

[Feby]

 

Jenis Film : Action
Sutradara : Martin Champbell
Penulis     : William Monahan, Andrew Bovell
Produser  : Graham King, Michael Wearing
Produksi  : Gk Films
Durasi      : 108