Fujitsu mengumumkan ketersediaan dua tipe server mono-socket multiguna generasi baru. Server ini memanfaatkan keunggulan teknologi Intel Xeon 3400 dan prosesor inti ganda 32nm yang sebelumnya dikenal dengan sandi Clarkdale.

 

Kedua server itu adalah tipe tower Primergy TX150 S7 dan tipe rak Primergy RX100 S6 yang termasuk dalam keluarga server mono-socket. Server tower dan rak baru itu  menjadi  pelengkap lini server dual-socket Fujitsu yang telah diluncurkan pada akhir 2009 lalu. 

 

Kedua lini Primergy terbaru ini menerapkan sistem modular tingkat tinggi. Server tower dan rak ini sebagai server multiguna bagi bisnis skala kecil dan menengah, dan untuk menjalankan infrastruktur non mission-critical. Rancang bangun kedua primergy ini juga mengoptimalkan konsumsi energi melalui sistem catu daya generasi baru yang lebih efisien.

 

“Server Primergy generasi baru kami yang fleksibel ini menawarkan teknologi server canggih dengan harga terjangkau, memberikan kinerja, ketangguhan dan kehandalam papan atas bagi pelanggan yang memperhitungkan harga,” kata Motohiko Uno, Regional Head of Fujitsu Platform Business.

 

Motohiko menjelaskan, Primergy TX150 S7 dan Primergy RX100 S6 cukup fleksibel dan kuat untuk berbagai penggunaan. Selain itu, cukup terjangkau pelanggan di segmen pasar bisnis skala kecil dan menengah.

 

“Peluncuran lini model baru produk Primergy ini adalah salah satu komitmen Fujitsu dalam mengimplementasikan konsep TRIOLE yang menjadi dasar penelitian dan pengembangan produk Fujitsu,” papar Kurnia Wahyudi, Country Manager Platform Products Fujitsu Indonesia.

 

Kedua model baru ini diperkuat dengan prosesor-prosesor baru, generasi kedua (Gen2) slot PCIE dan antar muka SAS 2.0. Berbekal arsitektur baru itu, server mono ini sangat mudah dikembangkan – hingga 32GB RAM.

 

Server tower Primergy TX150 S7 dirancang sebagai sistem prosesor tunggal dual-core dan quad-core yang mampu bekerja keras pada infrastruktur terdesentralisasi. Server yang fleksibel ini adalah fondasi yang kokoh untuk konfigurasi hemat biaya, dan bisa digunakan untuk server database. Primergy TX150 S7 juga memiliki kapasitas besar untuk penambahan memori sehingga kinerjanya lebih tinggi lagi pada lingkungan tervirtualisasi.

 

Sementara itu, server rak Primergy RX100 S6 adalah server mono-socket yang dioptimalkan untuk server. Server ini dioptimalkan untuk menjadi server multiguna sejati, dan untuk lingkungan komputasi non-mission critical, seperti web server, terminal server dan server infrastruktur. Melalui konsep hard drive modular, server ini mendukung disk berukuran dua 3,5 inci atau empat disk ukuran 2,5 inci sehingga memberikan pilihan teknis yang lebih baik. [Ria]