Facebook saat ini sudah menjadi ‘killer application’, di mana semua produk berlomba-lomba menyediakan fitur ini untuk menarik minat konsumen. Salah satu produk yang bisa memfasilitasi Facebooker yang narsis adalah kamera digital. Tentu saja, gadget ini punya keunggulan transfer foto langsung ke album foto pengguna Facebook pada situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut.

 

Berikut kamera digital yang memiliki ‘keistimewaan’ ini.

 

Samsung ST1000

Alat ini diklaim sebagai kamera digital pertama yang menyediakan aplikasi mengungguh foto langsung ke Facebook. Asalkan ada koneksi Wi-Fi, pengguna bisa langsung meng-upload fotonya tanpa harus mentransfernya dulu ke komputer.

 

Selain Wi-Fi, kamera ini juga menyediakan Bluetooth, yang dapat memindahkan langsung hasil foto ke handphone atau laptop. Ada pula fasilitas GPS, di mana semua foto yang telah diambil, bisa langsung diketahui lokasinya lewat fitur Geo-tagging yang terkoneksi Google Earth dan Google Maps.

 

ST1000 juga secara otomatis mampu menyesuaikan ukuran standar foto jika memiliki resolusi yang besar. Bukan hanya foto, pengguna juga bisa meng-upload hasil video rekaman ke YouTube.

 

Digicam ini memiliki kemampuan mengambil gambar dengan Blink dan Face Detection, Touch Focus serta Smile Shot. Dengan menggunakan lensa Schneider-Kreuznach 12,2 megapiksel dan ISO hingga 4800, ST1000 berlayar touch screen 3,5 inci, 5X optical zoom dan image stabilization ini. Soal harga, produk asal Korea Selatan ini menetapkan Rp 5,6 juta per unitnya.

 

Samsung CL65

Image

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, Samsung CL65 juga memiliki tiga koneksi (WiFi, Bluetooth 2.0 dan GPS) ditambah The Digital Living Network Alliance (DLNA). Dengan adanya fasilitas ini, pengguna dapat menghubungkan langsung kamera ini ke perangkat elektronik lainnya tanpa kabel, misalnya melihat hasil foto di televisi atau monitor HD.

 

Kamera yang dirilis pada September 2009 ini beresolusi 1152k, 12.2 MP, 5x Optical Zoom, LCD touchscreen 3.5 inci serta lensa Schneider-Kreuznach 35mm. Istimewanya, Samsung CL65 memiliki software PC editing photo dan membetulkan red-eye dengan mode Special Fix.

 

Pengguna juga bisa memfokuskan ulang titik fokus dengan menyentuh target yang diinginkan pada LCDnya. Kamera ini bisa merekam video 720pdan dibandrol sekitar $399,99 atau Rp. 4.399.000,-.

 

Kodak Slice

Image

Kodak Slice bisa dibilang separuh kamera dan separuh album foto. Tidak hanya Facebook dan Youtube, hasil gambar atau videonya juga bisa di-upload ke situs Flickr dan Kodak Gallery.

 

Selain penyimpanan internal sebesar 2GB (menyimpan hingga 5.000 foto) dan eksternal slot kartu MicroSD, kamera 14 megapiksel ini memiliki layar sentuh 3,5 inci. Pengguna bisa menuliskan nama pada gambar melalui keyboard yang tertera di layar serta melihatnya berdasarkan nama.

 

Optik dapat diperbesar hingga 5x zoom dengan rentang lensa mulai titik pandang rendah 31,5mm hingga titik pandang tinggi 157,7mm telefoto. Kamera tersebut juga mampu merekam video definisi tinggi 720p. Kodak Slice akan hadir pada musim semi dengan harga sekitar US$ 350 atau Rp 3,3 juta.

 

[Feby]