Setelah rumor Apple Tablet beredar, muncul banyak tanggapan dari berbagai pihak. Namun, rumor tersebut tak membuat nyali perusahaan lain sulut. Microsoft bekerjasama dengan HP memperkenalkan slate computer dengan sistem Windows 7 pada Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas baru-baru ini.

 

Ini berarti HP selangkah lebih maju meski pihak Apple menyatakan kepada Wall Street Journal akan segera meluncurkan slate device-nya di akhir Januari ini. Namun, HP sudah terlanjur memperkenalkan lebih dahulu kepada publik.

 

“Ini adalah produk yang sangat indah,” ujar Steve Ballmer, dari Microsoft.

 

Ballmer bahkan mendemonstrasikan produk tersebut di depan ribuan peserta CES yang diantaranya para wartawan, blogger, analis dan kalangan industri. Lalu bagaimana reaksi publik menanggapi hal ini?

 

Berbagai reaksi muncul dari kalangan pengamat teknologi, salah satunya Paul Miller, Senior Associate Editor dari website teknologi Engadget. Dia mengatakan, produk dari Microsoft tersebut adalah standar software yang dibawa dalam bentuk slate.

 

“Ini adalah sebuah produk yang sangat menarik,” kata Paul. Menurutnya, produk semacam ini adalah bentuk baru dan bisa membuat publik ingin membelinya.

 

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Microsoft memperkenalkan Tablet atau komputer slate. Pada 2002, perusahaan ini telah memperkenalkan Tablet PC untuk Windows XP, namun tak terlalu baik di pasar. Saat ini, para analis berpendapat produk ini akan memberikan efek yang baik di pasar.

 

”Apple harus melakukan hal yang sama seperti yang ia lakukan pada iPhone untuk Tablet market ini, jika ingin sukses seperti produk sebelumnya iPhone,” kata Analis IDC, David Daoud.

 

Namun, beberapa pengamat industri melihat ada ketakutan konsumen dalam menanggapi hadirnya produk ini.  Mengapa? Sebab terlalu banyak peruhsaan yang berusaha membawa produk serupa. “Konsumen seperti mengambang untuk produk ini. Konsumen bingung produk mana yang bisa mereka percaya,” ujar Rob Enderle, Analis Silicon Valley.

 

Jika tidak ingin ketinggalan kereta, sebaiknya Apple segera memperkenalkan produk barunya. Dengan itu, konsumen bisa memilih slate computer yang cocok dengan mereka. [Ria]